Pages

Sabtu, 23 April 2011

Manfaat Sari Sayuran Untuk Kesehatan



Sayuran adalah bahan pangan yang hampir setiap hari kita makan. Banyak macamnya seperti bayam, kangkung, sawi dan masih banyak lagi. Sayuran biasanya memiliki kadar air yang tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar. Sejumlah sayuran bisa diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, ditumis dan lain sebagaiya tergnatung bagaimana kita mengolahnya. Beberapas ayuran pun dapat langsung dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu.


Sama seperti buah-buahan, sayuran pun dapat diambil sarinya atau bisa disebut jus sayuran. Mungkin jus sayuran masih terasa baru di Indonesia. Dalam membuat sari atau jus sayuran pun sama dengan jus buah, yaitu yang diambil hanya sarinya saj, Dan rasanya tentu masih alami dan masih segar.


Berikut adalah beberapa manfaat dari Sari Sayuran dari sayuran yang sering kita jumpai.
1. Sari Asparagus : Sumber yang luar biasa bagi mineral antioksidasi selenium. Mengandung asparragine yang dapat membantu memurnikan darah dan mendorong daya kerja ginjal.
2. Sari Akar Bit : Dikenal sebagai pembersih ginjal dan pembuat sel darah merah. Akar Bit mengandung carotenoids, bermanfaat sebagai pencegah kanker.
3. Sari Cabai Hijau : Kaya akan antioksidasi vitamin C dan beta carotene. Cabai Hijau sangat baik untuk kulit, rambut dan kuku.
4. Sari Bawang Merah, Bawang Putih, Akar Jahe : Ketiganya mempunyai kualitas yang sama, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.
5. Sari Peterseli : Banyak yang menyebut sebagai “makanan ketiga paling bergizi di dunia”. Subuah sumber yang kaya akan mineral, sayuran ini juga mengandung bermacam-macam pembersih alamiah bagi tubuh.
6. Sari Bayam : Kaya akan cartenoids dan zat hijau daun. Dikenal untuk membantu menurunkan kolesterol.
7. Sari Tomat : Tinggi akan potassium. Sari tomat mengandung licopens, zat yang di sebut zat anti penuaan.
8. Sari Rumput Gandum : Memperbanyak sel darah merah dan kaya akan zat zat pembersih tubuh.
9. Sari Wortel : Dengan sistem molekul yang sama dengan darah manusia, sari wortel adalah sumber yang kaya akan carotenoids, termasuk alpha dan beta carotene.
10. Sari Seledri : Kombinasi sodium potassium sempurna yang dapat menjaga cairan tubuh dalam tingkat alkali, yang berguna dalam mempertahankan factor keasaman tubuh.
11. Sari brokoli, Selada, Kubis dan macam-macam Kol : Komposisi nabati yang ada dalam sayur mayur ini diketahui sebagai pengganti anti carcinogens.
12. Sari Ketimun : Kaya akan potassium, sulphur dan manganese. Ketimun mempunyai efek yang menyegarkan tubuh dan membantu mengeluarkan kotoran dari sel-sel tubuh kita.

Sumber : WKD No 32./VII/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar